SURVEI MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SEKOLAH DASAR TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Cahyono, Sutejo Indro (2018) SURVEI MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF SEKOLAH DASAR TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah anak berkebutuhan khusus mengalami kelainan baik secara phisik, intelektual, sosial, dan emosional dalam pertumbuhannya sehingga mereka memerlukan pendidikan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Penjas adaptif untuk siswa yang berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes di SDN Kaligatuk, SDN Jolosutro dan SDN 2 Petir. Pertimbangan dalam menentukan subjek penelitian bahwa guru Penjas merupakan guru SD Negeri di Kecamatan Piyungan yang mengampu siswa yang berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi, yaitu menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikatakan berhasil karena pelaksanaanya telah mencapai tujuan-tujuan yang dalam pendidikan jasmani adaptif. (2) Dengan materi yang sama seperti siswa regular dalam pembelajaran, perlakuan guru penjas untuk anak berkebutuhan khusus disamakan sama seperti siswa regular namun ada modifikasi tersendiri bagi anak berkebutuhan khusus agar bisa mengikuti pembelajaran dengan materi yang sama seperti siswa regular. (3) Pembelajaran tidak selalu sesuai RPP yang dibuat, guru lebih fleksibel dengan melihat keadaan dan kondisi dari siswa regular maupun anak berkebutuhan khusus. (4) Strategi pembelajaran penjas adaptif meliputi teknik modifikasi pembelajaran, teknik modifikasi lingkungan dan teknik modifikasi aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, penjas adaptif, sekolah dasar, anak berkebutuhan khusus
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 07 Dec 2018 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61688

Actions (login required)

View Item View Item