LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMPN 4 YOGYAKARTA

Poppy Puji, Triviani (2017) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMPN 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
6. POPPY PUJI TRIVIANI_PBSI_14201241012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Tebimbing (PLT). Praktik Lapangan Tebimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PLT,dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 18 kota Yogyakarta. Pelaksanaan PLT di SMP Negeri 4 Yogyakarta dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017 dan terbagi mengajar di kelas VII A dan VII B. Melalui tahap observasi, dalam melaksanakan program PLT di sekolah, ada beberapa program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Selain itu, mahasiswa PLT juga diajarkan bagaimana cara menjadi seorang pendidik yang baik, bagaimana mengelola kelas dengan mata pelajaran bahasa Indonesia dengan baik, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kinerja para guru. Adanya kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, UNY, SMP Negeri 4 Yogyakarta, pembelajaran, Bahasa Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61682

Actions (login required)

View Item View Item