PENGARUH METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI I KALASAN

Mukti Nur, Aini (2018) PENGARUH METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI I KALASAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
MUKTI NUR AINI_14111241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Islam Bakti I Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen kemampuan berbicara dan instrumen metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Islam Bakti I Kalasan yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berbicara dan metode role playing. Data yang diperoleh dianalisis dengan statis parametris, yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Islam Bakti I Kalasan, yang ditunjukkan dengan hasil post test lebih tinggi dari pre test. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan = -18,265. Oleh karena = -18,265 > = 1,734, artinya menerima hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh metode role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Islam Bakti I Kalasan. Melalui metode role playing anak dapat: 1) berbicara dengan suara yang jelas dan sesuai, 2) anak dapat memilih kata yang tepat dan variatif, 3) anak dapat menyusun kalimat yang benar dan efektif, 4) anak berani mengungkapkan pendapat dan idenya, 5) anak dapat berbicara lancar, 6) anak dapat mengekspresikan tubuh dan mimik muka sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan. Kata kunci: metode, role playing, kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61662

Actions (login required)

View Item View Item