KONSTRUKSI PENDIDIKAN INKLUSI OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH DI YOGYAKARTA

Aprianto, Latif (2018) KONSTRUKSI PENDIDIKAN INKLUSI OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Latif Aprianto_14601241116.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi menjadi masalah dalam literatur pendidikan Indonesia. Hal ini terjadi karena pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang konstruksi pendidikan inklusi oleh guru pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tematik. Partisipan penelitian adalah 18 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data didapatkan dengan teknik wawancara mendalam. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Akan tetapi ketika menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data menggunakan model tematik. Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural konstruksi pendidikan inklusi oleh guru pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa makna pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) pemahaman inklusi, (2) cara menginklusi, dan (3) hambatan dalam pembelajaran penjas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi, tematik
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 17:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61659

Actions (login required)

View Item View Item