PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Zulkarnaen, Zulkarnaen (2017) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ZULKARNAEN__14502244004__FT_PT ELKA_SMK PIRI 1 YK__PLT 2017_3.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya kedalam kehidupan nyata di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Terbimbing (PLT) sebagai syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan Terbimbing adalah “Menjadi institusi terkemuka dalam pelayanan PLT / Magang III dan PKL untuk mencetak tenaga kependidikan dan non kependidikan yang professional berwawasan global”. Dalam pelaksanaan PLT yang dilaksanakan di SMK PIRI 1 Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Praktik Pengalaman Lapangan Terbimbing merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan administrasi guru yang meliputi: Spektrum pengajaran, RPP, materi ajar, modul praktik, program semester, program tahunan, dll. Tujuan utama adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan, memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, PPL, SMK PIRI 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61623

Actions (login required)

View Item View Item