PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Adinda, Khairunisa (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PLT DINDA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakrta (UNY) yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktek mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK PIRI 1 Yogyakrta dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 s.d 15 November 2017 yang beralamatkan Jl. Kemuning No. 14 Baciro Yogyakarta 55225 Telp. (0274) 515251. Praktikan mengampu mata pelajaran “Pendidikan Kewargaanegaraan di kelas X TAV, X TKR 2, X TP 1, dan X TSM 1” dengan tatap muka 1 kali seminggu yang setiap minggunya mengajar 12 jam. Kegitan yang dilakukan selama PLT antara lain: Menyusun Rencana Pembelajaran (RPP), Menyusun materi ajar, Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru. Setelah praktikan melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing ini banyak sekali pengalaman dan ilmu yang bermanfaat, bagaimana selama menjadi guru di SMK, mendapatkan pembelajaran bagaimana membuat administrasi guru, dan membuat silabus, serta mengetahui berbagai macam karakter siswa di setiap kelasnya. Akan tetapi ada kelas yang sulit untuk dikondisikan, oleh karena itu, guru pembimbing mengajarkan bahwa sebelum melanjutkan kemateri inti, sebelumnya siswa diberikan beberapa aturan yang wajib di taati selama pelajaran berlangsung, sehingga kelas dapat dengan dikondisikan. Hasil kegiatan yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalamann dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dilingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, PPL, SMK PIRI 1 Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakrta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61611

Actions (login required)

View Item View Item