LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Fauzi, Ahmad Iqbal (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14502241022 Ahmad Iqbal Fauzi PT Elektronika.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program Universitas Negeri Yogyakarta untuk menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan tempat atau wahana dalam membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang professional dan cakap dalam dunia pendidikan. Terdapat 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang terbagi kedalam 8 kali pertemuan. Pelaksaan Belajar Mengajar dilaksanakan di Kelas Audio Video yang di dalamnya terdapat papan tulis, spidol, dan proyektor, yang biasanya digunakan sebagai media belajar siswa. Evaluasi Pembelajaran dilaksanakan dengan pemberian tugas berupa tes tertulis dan ujian. Observasi Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota PLT SMK PIRI 1 Yogyakarta. Observasi kelas dan pengajaran dilakukan bersama teman satu program studi Elektronika. Kegiatan konsultasi kepada Guru Pembimbing dilakukan setiap minggu diakhir kegiatan pengajaran oleh mahasiswa praktikan. Konsultas itersebut juga di ikuti oleh mahasiswa program studi elektronika. Pelaksanaan Belajar Mengajar. Pengajaran Terbimbing dilaksanakan dengan guru pembimbing Lapangan berada di dalam kelas, mengawasi praktikan melaksanakan kegiatan Pengajaran. Pengajaran Mandiri dilaksanakan tanpa Guru Pembimbing Lapangan berada dalam bengkel. Evaluasi dilaksanakan dengan cara pemberian post tes, setelah itu post test dikoreksi. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September s.d. 15 November 2017 bertempat di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kemuning No.14 Baciro, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, dan menjalankan program kerja PLT. Dalam pelaksanaan PLT ini penulis mengajar kelas XI TAV pada mata pelajaran Teknik Video dan KKPI serta kegiatan mengajar lainnya berupa kegiatan pendampingan mengajar. Tujuan utama dari kegiatan PLT ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Kegiatan Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dilingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK PIRI 1Yogyakarta, Teknik Video dan KKPI
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Dec 2018 05:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61602

Actions (login required)

View Item View Item