PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOMANGSAN, REJOSARI, JOGOTIRTO, BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA

Fatimah Noor, Isnaini (2018) PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOMANGSAN, REJOSARI, JOGOTIRTO, BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Fatimah Noor Isnaini_14111244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan perilaku disiplin anak melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak TK A yang berjumlah 18 anak. Desain penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila rata-rata perilaku disiplin anak dapat mencapai >76%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui kegiatan bercerita dapat meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Langkah-langkah pelaksanaan tindakan yang dilakukan meliputi, (1) mengondisikan anak untuk duduk melingkar, (2) menjelaskan tentang kegiatan bercerita, (3) anak memilih cerita yang akan disampaikan, (4) menyampaikan cerita, (5) memberikan amanat dan melakukan tanya jawab ketika kegiatan bercerita berakhir. Hasil penelitian perilaku disiplin anak TK A pada pra tindakan menunjukkan persentase rata-rata perilaku disiplin anak sejumlah 39%. Kemudian pada Siklus I menggunakan kegiatan bercerita perilaku disiplin anak meningkat menjadi 57%, karena belum sesuai dengan indikator yang diharapkan maka peneliti melakukan tindakan Siklus II. Hasil penelitian Siklus II rata-rata perilaku disiplin anak kelompok A meningkat menjadi 80%. Kata kunci: disiplin, bercerita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 04 Dec 2018 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 17:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61598

Actions (login required)

View Item View Item