Dwi, Lestari (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI TK ABA GAMBRENGAN SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.
Text
Dwi Lestari_14111241024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak melalui metode demonstrasi. Keterampilan proses sains anak Kelompok B di TK ABA Gambrengan belum optimal karena pembelajaran yang dilakukan belum memberikan penjelasan dengan media dan contoh langsung. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 15 anak Kelompok B di TK ABA Gambrengan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika keterampilan proses sains anak Kelompok B telah mengalami peningkatan dan menunjukkan rata-rata kelas sebesar ≥76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak Kelompok B mengalami peningkatan setelah dilakukan dua siklus tindakan melalui pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan dengan memilih kegiatan; (2) menyiapkan alat dan bahan; (3) anak diberikan penjelasan kegiatan yang dilakukan dan langakah kerja dengan contoh langsung; (4) menyampaikan prosedur dan tata tertib; (5) anak melakukan praktik langsung; (6) guru membimbing dan mengawasi kegiatan anak; (7) anak melakukan pengamatan; (8) guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk menunjak keberhasilan kegiatan; serta (9) mengadakan evaluasi kegiatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata keterampilan proses sains anak pada Pratindakan sebesar 39,58% mengalami peningkatan pada Siklus I menjadi 63,61% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 84,69%. Berdasarkan kriteria kebehasilan keterampilan proses sains anak pada Siklus II mangalami peningkatan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang diinginkan yaitu ≥76% dengan hasil akhir rata-rata 84,69%. Kata kunci: keterampilan proses sains, metode demonstrasi, TK Kelompok B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 07:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61593 |
Actions (login required)
View Item |