MANAJEMEN KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI KABUPATEN BANTUL

Karyati, Dwi (2012) MANAJEMEN KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Karyati.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan Lesson Study Berbasis MGMP pada bidang studi Matematika di Kabupaten Bantul. Adapun aspek yang diteliti yaitu: (1) perencanaan kegiatan Lesson Study; (2) pendanaan kegiatan Lesson Study; (3) pengaturan fasilitas kegiatan Lesson Study; (4) pengorganisasian kegiatan Lesson Study; dan (5) monitoring dan evaluasi kegiatan Lesson Study Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus home-base Lesson Study Berbasis MGMP Matematika di Kabupaten Bantul yang berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan kegiatan telah terlaksana dengan sangat baik (90,52%), yang meliputi penentuan tujuan kegiatan, penyusunan jadwal kegiatan, penyiapan materi atau kurikulum, dan perencanaan anggaran kegiatan Lesson Study. (2) Penyediaan dana kegiatan dilaksanakan dengan kategori kurang baik (49,22%), yang meliputi kegiatan penyediaan dana yang kurang memadai untuk kegiatan perencanaan Lesson Study dan pelaksanaan Lesson Study. (3) Pengaturan fasilitas kegiatan telah dilaksanakan dengan kategori baik (79,13%), yang meliputi kegiatan penyediaan fasilitas yang memadai untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Lesson Study. (4) Pengorganisasian kegiatan telah dilaksanakan dengan kategori sangat baik (89,88%), yang meliputi pembentukan tim Lesson Study, perincian seluruh pekerjaan dalam kegiatan Lesson Study, pembagian beban kerja untuk setiap personil, dan pengkoordinasian tim Lesson Study. (5) Monitoring dan evaluasi kegiatan telah dilaksanakan dengan kategori baik (80,13%), yang meliputi kegiatan monitoring terhadap pelaksanaan kgiatan Lesson Study, evaluasi terhadap hasil yang dicapai dalam kegiatan Lesson Study, dan peningkatan kualitas kegiatan Lesson Study. Kata kunci: manajemen, lesson study berbasis MGMP, bidang studi Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item