IMPLEMENTASI KONDISI SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NO. 24 TAHUN 2007

Nafiludin, Nafiludin (2012) IMPLEMENTASI KONDISI SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NO. 24 TAHUN 2007. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nafiludin.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kondisi sarana dan prasarana perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Godean. Aspek yang diteliti meliputi buku perpustakaan, perabot perpustakaan, perlengkapan lain perpustakaan, prasarana ruang perpustakaan, tata ruang perpustakaan, dan hambatan implementasi sarana dan prasarana perpustakaan sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, terdiri dari 15 kepala sekolah dan 15 pengelola. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Data kualitatif dari hasil pertanyaan terbuka dideskripsikan dengan cara merangkum hasil. Data kuantitatif pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode tingkat kecenderungan kategori sesuai frekuensi jawaban responden terhadap setiap item. Hasil penelitian implementasi sarana dan prasarana perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Godean cukup mencapai standar dengan nilai ratarata 2,79. Hambatan yang dihadapi sekolah dalam implementasi sarana dan prasarana perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Godean adalah (1) kurangnya lahan untuk pembangunan gedung atau ruang perpustakaan sekolah, (2) sulitnya mendapatkan bantuan pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan sekolah dari Pemerintah dikarenakan Sekolah masih kurang dalam mempersiapkan persyaratan bantuan, dan (3) birokrasi pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan yang cukup lama. Kata kunci: Implementasi, Sarana, Prasarana, Perpustakaan, Sekolah Dasar Negeri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6154

Actions (login required)

View Item View Item