PENILAIAN PESERTA KURSUS TERHADAP LAYANAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN KOMPUTER IMDKOM SLEMAN, YOGYAKARTA

Tansa Trisna, Bagus (2012) PENILAIAN PESERTA KURSUS TERHADAP LAYANAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN KOMPUTER IMDKOM SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bagus Tansa Trisna.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penilaian peserta kursus terhadap layanan di LKP IMDKOM yang meliputi layanan tenaga pendidik, layanan tenaga kependidikan, layanan kurikulum dan layanan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan di LKP IMDKOM, dimulai pada bulan November dan berakhir pada bulan Desember 2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta kursus pada program kursus teknisi dan aplikasi komputer yang terdaftar aktif di LKP IMDKOM. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dalam bentuk persentase. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan spearman-brown. Hasil penilaian peserta kursus terhadap layanan di LKP IMDKOM diperoleh 1) layanan tenaga pendidik secara keseluruhan memperoleh penilaian sangat baik dengan skor persentase 85% dengan rincian penguasaan materi sangat baik, penggunaan metode pembelajaran sangat baik, penggunaan tata bahasa dalam mengajar sangat baik, penggunaan media pembelajaran sangat baik, pemberian motivasi belajar sangat baik, evaluasi hasil belajar baik, pelaksanaan program pembinaan karier cukup baik dan sikap atau kepribadian tenaga pendidik sangat baik. 2) layanan tenaga kependidikan secara keseluruhan memperoleh penilaian sangat baik dengan skor persentase 90% dengan rincian memberikan informasi kepada peserta kursus sangat baik, mencatat informasi yang berhubungan dengan peserta kursus dan lembaga sangat baik, melakukan perawatan sarana belajar kursus sangat baik dan sikap atau kepribadian tenaga kependidikan sangat baik. 3) layanan kurikulum secara keseluruhan memperoleh penilaian sangat baik dengan skor persentase 81% dengan rincian kejelasan tujuan pembelajaran baik, kejelasan proses atau isi pembelajaran sangat baik dan kejelasan evaluasi pembelajaran baik. 4) layanan sarana prasarana secara keseluruhan memperoleh penilaian sangat baik dengan skor persentase 84% dengan rincian alat-alat pembelajaran sangat baik, media pembelajaran sangat baik, perabot kelas ditiap-tiap program sangat baik, tempat belajar praktek sangat baik, ruang belajar praktek sangat baik, ruang kantor dan tata usaha sangat baik serta ruang tunggu dan tempat parkir baik. Kata kunci : Penilaian peserta kursus, Layanan di lembaga kursus dan pelatihan (LKP)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item