PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Misbah, Zahiri (2012) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zahiri Misbah.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok Sleman. 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru. 3) faktor-faktor yang menghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok Sleman. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru berjumlah empat orang salah satunya wakil kepala sekolah dan yang lainnya adalah guru mengajar di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok Sleman. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan tehnik analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah: a) membantu Guru mengelola proses pembelajaran yang meliputi; merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. b) memberi motivasi kepada guru dalam bekerja, c) menganjurkan/mendorong guru terlibat dalam kegiatan yang menunjang peningkatan profesionalitas. 2) Upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah: a) pembinaan keagamaan; b) pelatihan/pembinaan kemampuan keterampilan mengajar yang meliputi; merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran. 3) Faktor penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru pada umumnya berkaitan dengan kurangnya pendidikan dan pelatihan bagi guru, lemahnya motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM), serta kurangnya sarana dan prasarana pendidikan. Kata kunci: kepala sekolah, supervisor, profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item