HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TK DI KECAMATAN JETIS BANTUL

Deffa Lola, Pitaloka (2018) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TK DI KECAMATAN JETIS BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
DeffaLolaPitaloka_13111244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Jatis, Bantul. Alasan melakukan penelitian karena berdasarkan data hasil UKG guru TK di Kecamatan Jetis, Bantul yang memiliki hasil kurang maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan subjek sebanyak 68 responden yaitu guru dari 21 TK di Kecamatan Jetis, Bantul. Daftar TK yaitu, TK PKK 16 Medelan, TK PKK 108 Ponggok I, TK PKK Tunas Harapan, TK PKK Lestari, TK PKK 102 Bakulan, TK PKK Kuncup Harapan, TK ABA Blawong, TK ABA Blawong IV, TK ABA Bulus Kulon, TK ABA Denokan, TK ABA Ponggok II, TK ABA Sulang Kidul, TK ABA Karang Semut, TK Masyithoh Kategan, TK Masyithoh Kembangsongo 2, TK Nurul Huda, TK Dharma Rena, TK Setia Rini, TK Pertiwi 39, TK Pertiwi 49, TK Hasti Palupi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik instrumen berupa angket. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model korelasi product moment dengan bantuan program SPSS. (1) Tingkat latar belakang pendidikan guru TK di Kecamatan Jetis Bantul, yaitu 11,8% tinggi, 67,6% sedang, dan 20,6% rendah. (2) Tingkat pengalaman mengajar guru TK di Kecamatan Jetis Bantul, yaitu 14,7% tinggi, 72,1% sedang, dan 13,2% rendah. (3) Tingkat kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Jetis Bantul, yaitu 22% tinggi, 56% sedang, dan 22% rendah. (4) Terdapat hubungan positif signifikan yang kuat (r=+0,619) antara latar belakang pendidikan dan kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Jetis,Bantul. (5) Tidak ada hubungan positif signifikan (r=+0,123) antara pengalaman mengajar dan kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Jetis, Bantul. (6) Terdapat hubungan positif signifikan yang kuat (r=+0,619) amtara latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dengan kompetensi guru TK di Kecamatan Jetis Bantul secara bersama-sama. Kata kunci: latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, kompetensi profesional guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61496

Actions (login required)

View Item View Item