PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA

Fathi, Miftachurrahmah (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
FATHI MIFTACHURRAHMAH_12111244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusi di Labschool Rumah Citta Yogyakarta. Labschool Rumah Citta menerapkan pendidikan inklusi yang berbeda dengan sekolah yang lain, yaitu pendidikan inklusi yang mengikutsertakan anak dengan beragam latar belakang agama, budaya, kewarganegaraan, kekhususan (ABK), dan kondisi sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian meliputi: 1) Labschool Rumah Citta menerapkan pendidikan inklusi yang merangkul setiap individu dengan perbedaan latar belakang, jenis kelamin, etnik, agama, bahasa, budaya, karakteristik, status, cara atau pola hidup, kondisi fisik, kemampuan dan kondisi beda lainnya. 2) Sekolah menggunakan kurikulum yang dibuat sendiri berdasarkan beberapa sumber. 3) Proses penerapan pendidikan inklusi dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode student center, serta terdapat program pendukung pembelajaran 4) (a) Peran kepala sekolah adalah memastikan bahwa nilai-nilai inklusi dapat terlaksana. (b) Peran guru adalah sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. (c) Peran shadow teacher adalah mendampingin anak berkebutuhan khusus (d) Peran orang tua sebagai pendukung terlaksananya penerapan pendidikan inklusi di sekolah 5) Faktor pendukung pendidikan inklusi adalah a) keberagaman di Indonesia menjadi contoh nyata dalam penerapan pendidikan inklusi, b) Visi, misi, dan tujuan yang telah tertanam kuat sebagai landasan sekolah 6) Faktor penghambat pendidikan inklusi adalah orang tua maupun pihak-pihak yang telibat dalam pendidikan inklusi belum memiliki visi dan misi yang sama. Cara mengatasinya adalah dengan mendiskusikannya agar mendapat jalan keluar yang baik. . Kata kunci: pendidikan inklusi, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 04:46
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61487

Actions (login required)

View Item View Item