Physics Mobile Learning Berbasis Kearifan Lokal (Batik) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika SMA.

Shabrina, Shabrina (2018) Physics Mobile Learning Berbasis Kearifan Lokal (Batik) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shabrina-16726251043.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan mobile learning berbantuan android dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah peserta didik; dan (2) mendeskripsikan keefektifan mobile learning berbasis kearifan lokal batik berbantuan android dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah peserta didik. Materi yang digunakan didasarkan pada Batik yang mengacu pada materi fisika Kalor. Metode penelitian ini berdasar pada 4-D model, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIA 7 SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 untuk uji coba lapangan terbatas, dan 60 peserta didik kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 untuk uji lapangan operasional. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen non-tes meliputi penilaian produk dan materi. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Teknis analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s Trace dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan mobile learning berbasis kearifan lokal batik berbantuan android yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika SMA dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli, guru, dan teman sejawat; dan (2) penggunaan physics mobile learning berbantuan android berbudaya lokal batik dapat meningkatkan berpikir kreatif dan pemecahan masalah berdasarkan analisis effect size dengan nilai f masing-masing sebesar 0,268 dan 0,269 dengan interpretasi large effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Physics Mobile Learning, Kearifan Lokal (Batik), Android, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2018 04:15
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61482

Actions (login required)

View Item View Item