PROSES PEMBELAJARAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SEMOYA BERBAH SLEMAN

Indiah Wahyu, Liasari (2018) PROSES PEMBELAJARAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SEMOYA BERBAH SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Indiah Wahyu Liasari_13111244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Semoya, Berbah, Sleman. Pembelajaran yang dimaksud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, hambatan, serta solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di TK ABA Semoya Berbah Sleman. Subjek penelitian adalah 30 anak Kelompok B Usia 5-6 tahun, kepala sekolah TK ABA Semoya, 3 guru Kelompok B TK ABA Semoya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) guru membuat perencanaan pembelajaran saat rapat rutin pada akhir semester; 2) guru mengembangkan kedisiplinan dengan metode pembiasaan, metode pemberian tugas, metode keteladanan, metode pemberian hukuman dan penghargaan, metode bercerita, dan metode bernyanyi; 3) penilaian pembelajaran yang digunakan adalah catatan perkembangan, hasil karya anak; 4) hambatan dalam proses pengembangan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Semoya adalah lingkungan keluarga dan perbedaan sikap disiplin dari guru; 5) solusi untuk mengatasi hambatannya yaitu dengan berkomunikasi dengan melaporkan kepada orangtua tentang kegiatan anak hari itu, guru dan seluruh warga sekolah harus sepakat untuk menerapkan kedisiplinan kepada anak. Kata kunci : proses pembelajaran, kedisiplinan, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61481

Actions (login required)

View Item View Item