MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG (1-10) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA KELOMPOK A DI TK BHAKTI MANUNGGAL, KRATON, YOGYAKARTA

Nurlaila Rahmawati, Septiana (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG (1-10) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA KELOMPOK A DI TK BHAKTI MANUNGGAL, KRATON, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Nurlaila Rahmawati S_14111241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan pada anak kelompok A di TK Bhakti Manunggal, Kraton, Yogyakarta. Indikator yang digunakan dalam penilitian ini adalah menyebutkan bilangan (1-10), mengenal lambang bilangan (1-10), mengenal kosep bilangan (1-10). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (Collaboration action research classroom) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah semua anak TK kelompok A berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membilang (1-10) pada kelompok A di TK Bhakti Manunggal. Hasil tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil rata- rata kemampuan membilang (1-10) kelompok A yang pada sebelum tindakan menunjukkan nilai 52, 56% meningkat menjadi 76, 18 % pada siklus 1 kemudian meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 86, 11 %. Peningkatan terjadi pula pada setiap indikator. Pada indikator menyebutkan bilangan (1-10) sebelum tindakan menunjukkan rata-rata 59, 61 % kemudian meningkat menjadi 80, 91 % pada siklus 1 dan menigkat kembali menjadi 92, 29 % pada siklus 2. Indikator mengenal lambang bilangan (1-10) sebelum tindakan menunjukkan rata- rata 50 % meningkat menjadi 73, 03 % pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi 80, 13 % pada siklus 2. Indikator mengenal konsep bilangan sebelum tindakan menunjukkan rata- rata 48, 07 % meningkat menjdai 74, 643 % pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi 85, 57 % pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan membilang (1-10) pada anak kelompok A. Kata kunci : Kemampuan membilang, kartu bilangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61474

Actions (login required)

View Item View Item