Pengembangan Subject Specific Pedagogy Fisika Model Pembelajaran Proyek Berbantuan E-learning untuk Membekali ICT Literacy dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA.

Safitri, Arneta Dewi (2018) Pengembangan Subject Specific Pedagogy Fisika Model Pembelajaran Proyek Berbantuan E-learning untuk Membekali ICT Literacy dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arneta-dwi-safitri-16726251027.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah; (2) mendeskripsikan keefektifan SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif; (3) mendeskripsikan keefektifan SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning dalam membekali ICT literacy peserta didik SMA kelas X. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri atas empat tahap utama, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk pengembangan dideskripsikan kelayakannya. Uji lapangan operasional dilakukan dengan model eksperimen dengan Single-Factor Multiple-Treatment Designs. Subyek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 5 Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan tes. Instrumen kelayakan produk berupa lembar penilaian kelayakan produk, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Instrumen kemampuan berpikir kreatif berupa tes uraian. Instrumen ICT literacy berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui kelayakan produk dan keefektifan produk terhadap ICT literacy peserta didik. Teknik analisis inferensial menggunakan uji anava dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui keefektifan produk terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan produk SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning berupa silabus, RPP, dan LKPD yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah berdasarkan penilaian validator dan uji coba di SMA Negeri 5 Purwokerto; (2) SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; dan (3) SSP fisika model pembelajaran proyek berbantuan e-learning efektif dalam membekali ICT literacy peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy, pembelajaran proyek, e-learning, ICT literacy, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:36
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61473

Actions (login required)

View Item View Item