PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK JOGJA KIDS PARK YOGYAKARTA

Hanik Siti, Marzuuqoh (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK JOGJA KIDS PARK YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Sripsi_Hanik Siti Marzuuqoh_14111241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence pada anak usia 4-6 tahun di TK Jogja Kids Park Yogyakarta. Penerapan yang dimaksud mengenai perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan fakor pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru TK kemudian sebagai informan yaitu staff, kepala sekolah dan siswa. Sedang teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Guru mengobservasi kecerdasan jamak siswa, membuat rencana pembelajaran pada saat rapat setiap awal tahun yang didalamnya secara implisit terdapat stimulasi multiple inteligence siswa 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligence distimulasi dalam 8 macam kecerdasan, 3) Penilaian dilakukan dengan pengamatan mengenai kecerdasan jamak (multiple intelligence) siswa yang kemudian diakumulasikan dalam catatan anekdot, penilaian harian, dan raport, 4) Faktor penghambat yaitu adanya rekayasa dalam dokumentasi pembelajaran sedangkan faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan pengajar yang sesuai dengan bidangnya. Kata kunci: penerapan, multiple intelligence, anak usia 4-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61472

Actions (login required)

View Item View Item