HUBUNGAN KETERAMPILAN BERCERITA GURU DENGAN CAPAIAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Eka Noor, Cholifatun (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERCERITA GURU DENGAN CAPAIAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_EKA NOOR CHOLIFATUN_14111241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini didasari pada masalah yang ditemui yaitu anak berbicara kotor, berbicara dengan berteriak. Pada kegiatan yang lain anak masih belum mau berbagi kepada temannya, menghargai orang lain, dan kurang tanggungjawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dan guru kelas A di TK Kecamatan Pleret, berjumlah 27 anak dan 27 guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pegumpulan data mengunakan angket. Analisis data menggunakan teknik korelasi kendalls tau. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun. (r=0,979, p<0,05). Hubungan tersebut bersifat signifikan karena skor korelasi kendalls tau mendekati skor 1. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral. Kata Kunci: Keterampilan bercerita guru, Nilai Agama dan Moral, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61471

Actions (login required)

View Item View Item