Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Kincir Air) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Vektor Dan Representasi Diagram.

Husna, Miftahul (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Kincir Air) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Vektor Dan Representasi Diagram. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-miftahul husna-15726251026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal berbantuan android yang layak digunakan, dan (2) mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi vektor dan representasi diagram peserta didik. Desain pengembangan ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Empat prosedur pengembangan perangkat pembelajaran tersebut adalah : (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Subjek uji coba terbatas adalah 22 peserta didik kelas X SMAN 3 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 25 peserta didik kelas kontrol dan 25 peserta didik kelas eksperimen di SMAN 3 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis kemampuan representasi vektor dan representasi diagram peserta didik dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan uji coba terbatas, dan (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi vektor dan representasi diagram peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, kearifan lokal, kemampuan representasi vektor, kemampuan representasi diagram.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:25
Last Modified: 09 May 2019 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61470

Actions (login required)

View Item View Item