PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN DAN KECERDASAN MAHASISWA TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI DI YOGYAKARTA

Anwar Mursyadad, Nur (2018) PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN DAN KECERDASAN MAHASISWA TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nur Anwar Musyadad_14812141049.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan dan Kecerdasan Mahasiswa terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi FE UNY, FEB UGM, dan FEB UPN “Veteran” angkatan 2014 dan 2015. Populasi penelitian berjumlah 856 mahasiswa. teknik sampling yang digunakan adalah proposionate random sampling, dari teknik sampling tersebut didapatkan hasil sebagai jumlah responden penelitian ini sebesar 273 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil uji validitas menunjukkan 79 butir pernyataan valid dan layak digunakan untuk penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasayarat, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman Kode Etik Profesi akuntan berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,253, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (14,198>1,968), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0.05); (2) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,431, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (10.768>1,968), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0.05); (3) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,227, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (9,240>1,968), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0.05); (4) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,342, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (9.277>1,968), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0.05); (5) Pemahaman Kode Etik Profesi akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa, dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (57,241>0.177), nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig<0.05), Nilai R sebesar 0.679 dan nilai R Square sebesar 0.453.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Profesi Akuntan, Kecerdasan, Perilaku Etis
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61462

Actions (login required)

View Item View Item