STUDI KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Nofalia, Putri Cikita (2018) STUDI KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nofalia Putri Cikita_14111241021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualifikasi akademik guru Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Srandakan, yang dilatarbelakangi dengan masih rendahnya kualifikasi akademik yang dimiliki guru Taman Kanak-kanak. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini berjumlah 71 guru. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel yang didapat menggunakan rumus Slovin berjumlah 42 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket checklist dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kualifikasi yang dimiliki guru TK berdasarkan status guru. Kualifikasi akademik guru PNS dari tertinggi ke terendah berturut-turut adalah kategori lainnya, 42,28%, S1/D-IV PAUD 28,58%, S1/D-IV psikologi dan SMA 14,28% dan D-II PGTK 0%. Untuk kualifikasi akademik guru Non PNS tertinggi ke terendah berturut-turut S1/D-IV PAUD 57,14%, SMA dan kategori lainnya 14,29%, S1/D-IV psikologi dan D-II PGTK 7,14%. (2) Kualifiaksi akademik guru berdasarkan jenis guru, kualifikasi akademik guru kelas tertinggi ke terendah berturut-turut S1/D-IV PAUD 42,5%, kategori lainnya 30%, SMA 12,50%, S1/D-IV psikologi 10% dan D-II PGTK 5%. Untuk guru pendamping, sebanyak 50% S1/D-IV PAUD dan 50% memiliki kualifikasi akademik SMA. (3) Kualifikasi akademik yang dimiliki guru berdasarkan sekolah. Kualifikasi akademik S1/D-IV PAUD tertinggi ke terendah berturut-turut TK Tunas Pertiwi 75%, TK Masyithoh 50%, TK ABA 48% dan TK PKK 36,37%. Kualifikasi akademik S1/D-IV psikologi tertinggi ke terendah berturut-turut TK Tunas Pertiwi 25%, TK ABA 12% dan tidak ditemukan di TK lain. Kualifikasi akademik D-II PGTK tertinggi TK ABA 8% dan tidak ditemukan di TK lain. Kualifikasi akademik SMA tertinggi TK PKK yaitu sebanyak 18,18%, TK ABA dengan 16% dan tidak ditemukan di TK yang lain. Kualifikasi akademik pada kategori lainnya, TK Masyithoh 50%, TK PKK 45,45%, TK ABA 16% dan tidak ditemukan di TK Tunas Pertiwi. Kata kunci: guru, taman kanak-kanak, kualifikasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:05
Last Modified: 04 Oct 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61461

Actions (login required)

View Item View Item