IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK ABA DADAPAN GATAK IX SIDOLUHUR GODEAN SLEMAN DIY

Annisa Ridha, Hayati (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK ABA DADAPAN GATAK IX SIDOLUHUR GODEAN SLEMAN DIY. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Annisa Ridha Hayati_14111244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendidikan karakter di TK ABA Dadapan; (2) Nilai-nilai pendidikan karakter; (3) Faktor pendukung; (4) Faktor penghambat; dan (5) Cara mengatasi permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Kepala TK ABA Dadapan, Guru, Karyawan, Orang Tua dan Peserta Didik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter di TK ABA Dadapan dilakukan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan yaitu memasukkan nilai-nilai agama Islam dalam menyusun Kurikulum, Program Semester, RPPM, RPPH, serta Penilaian Perkembangan. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan, meliputi: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, dan budaya lembaga. Tahap penilaian menggunakan instrumen penilaian yaitu observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya, anekdot, dan portofolio; (2) Nilai cintai kepada Tuhan (religius) menjadi nilai utama pendidikan karakter yang telah ditanamkan dan berhasil dicapai sebagai perwujudan nyata dari visi lembaga; (3) Faktor pendukung: kurikulum memuat materi pendidikan karakter nilai agama Islam; kerjasama berbagai pihak; sarana dan prasarana; metode; media; pembiasaan dan keberlanjutan di sekolah dan rumah; (4) Faktor penghambat: karakter dan kemampuan anak berbeda; anak masih mudah berubah sikapnya; perkembangan zaman modern; pembiasaan di rumah dan sekolah berbeda; tingkat pendidikan keluarga; serta fokus perhatian guru tidak merata karena banyaknya siswa; dan (5) Cara mengatasi permasalahan: kerjasama berbagai pihak; guru bersabar mendidik anak; orang tua dan guru saling berkomunikasi atau berkonsultasi; serta kegiatan parenting. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, TK ABA Dadapan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 17:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61460

Actions (login required)

View Item View Item