SEMUA BISA BERPRESTASI(STUDI KASUS: GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)

Riati, Hanan (2018) SEMUA BISA BERPRESTASI(STUDI KASUS: GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HananRiati_11104241075_BK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya pengasuhan orang tua dengan anak berkebutuhan khusus yang berprestasi, yang difokuskan pada penerimaan orang tua dan dukungan orang tua dalam perlombaan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orang tua dengan anak berkebutuhan khusus yang memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten. Jumlah subyek penelitian ada tiga orang. Objek penelitian ini adalah gaya pengasuhan yang ditinjau dari penerimaan orang tua dan dukungan orang tua dalam perlombaan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subyek menerapkan gaya pengasuhan authotarian, membentuk dimensi kehangatan, dan memiliki gaya orang tua pelatih emosi. Hal ini ditinjau dari pemahaman subyek akan kondisi anak, adanya konsultasi dan kolaborasi dengan berbagai ahli, memepersiapkan pendidikan anak yang nyaman untuk anak belajar, mempersiapkan karir anak yang sesuai dengan minat dan bakat anak, membentuk kehangatan, menggali dan mengembangkan bakat anak serta adanya dukungan emosional dan dukungan instrumental. Kata kunci : gaya pengasuhan, anak berkebutuhan khusus, prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2018 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61453

Actions (login required)

View Item View Item