PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 WADASLINTANG

Setyabudi, Kurnia Febry (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 WADASLINTANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
3. NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran mesin konversi energi berbasis aplikasi android untuk kelas X TKR, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran mesin konversi energi berbasis aplikasi android berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, dan 3) mengetahui tanggapan pengguna (peserta didik) terhadap media pembelajaran mesin konversi energi berbasis aplikasi android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluation). Terdapat lima langkah pada penelitian ini yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Media pembelajaran mesin konversi energi berbasis android untuk peserta didik kelas X TKR dikembangkan menggunakan software Android Studio dengan model pengembangan ADDIE. (2) Penilaian kelayakan ahli materi menunjukkan skor 63 dan masuk pada kategori layak. Hasil penilaian ahli media menunjukkan skor 94 dan masuk pada kategori sangat layak. (3) Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan rata-rata skor 67,20 dan masuk kategori layak, dan hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba pemakaian didapatkan hasil rata-rata skor yaitu 74,92 dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mesin konversi energi, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61440

Actions (login required)

View Item View Item