PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Ariestyawati, Dwi (2012) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Ariestyawati 2.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler PMR terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Bantul; (2) besarnya pengaruh status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Bantul; (3) besarnya pengaruh status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 1 Bantul; dan (4) besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler PMR dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian yang memadukan antara deskriptif dan kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR yang berjumlah 62 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas telah terpenuhi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler PMR terhadap karakter siswa yang dikuatkan dengan koefisien regresi 0,276 dan dibuktikan dengan t hitung 4,422 dengan kontribusi variabel kegiatan ekstrakurikuler PMR terhadap karakter siswa sebesar 24,4 %. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap karakter siswa yang dikuatkan dengan koefisien regresi 0,151 dan dibuktikan dengan t hitung 2,801 dengan kontribusi variabel status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap karakter siswa sebesar 11,3 %. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler PMR yang dibuktikan dengan signifikansi 0,169 > 0,05. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler PMR dan status sosial ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama terhadap karakter siswa yang ditunjukkan dengan harga Fhitung sebesar 16,401 signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh koefisien determinan R2 sebesar 0,357. Hal ini berarti 35,7 % karakter siswa dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler PMR dan status sosial ekonomi orang tua siswa, sedangkan selebihnya yaitu 64,3% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: kegiatan ekstrakurikuler PMR, status sosial ekonomi orang tua siswa, karakter siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item