Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Yogyakarta.

Sumadi, Conny Dian (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-conny-dian-sumadi-15707251039.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep kimia siswa kelas X SMAN 6 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep kimia siswa kelas X SMAN 6 Yogyakarta, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep kimia siswa kelas X SMAN 6 Yogyakarta. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan Allesi & Trollip yang terdiri dari tiga prosedur pengembangan, yaitu: (a) planning, (b) design, dan (c) development yang dikombinasikan dengan model desain sistem pembelajaran ASSURE. Model ASSURE terdiri dari Analyze learner; State objectives; Select method, media, material; Utilize method, media, material; Require learner dan; Evaluation. Uji efektivitas produk dilakukan dengan metode kuasi eksperimen yaitu membandingkan kelas kontrol dengan kelas eksperimen terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa melalui pretes dan postes. Penelitian ini menghasilkan produk berupa software multimedia pembelajaran kimia yang berisi materi konsep pemahaman reaksi reduksi oksidasi. Produk ini terdiri dari halaman awal, kompetensi, pengembang, materi, animasi, kuis, latihan soal dan video pembelajaran. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli media sebesar 4,24 (sangat layak) dan kelayakan materi sebesar 4,23 (sangat layak). Hasil uji beta diperoleh skor penilaian terhadap multimedia yaitu sangat layak. Selanjutnya uji sumatif pada kelompok yang lebih besar multimedia memperoleh kriteria sangat layak. Produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung dengan penilaian terhadap motivasi siswa yang mengalami peningkatan sebesar 3,42 (tinggi) setelah penggunaan multimedia dan kenaikan pemahaman siswa yang diperolehan dari rerata skor hasil belajar siswa yaitu N- gain sebesar 0,87 berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, reaksi reduksi-oksidasi, motivasi, pemahaman
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:32
Last Modified: 09 May 2019 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61436

Actions (login required)

View Item View Item