PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA

Aruni, Saverina Dewi (2018) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS GILANGHARJO, PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Saverina Dewi Aruni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari peran orang tua dan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V SD se-Gugus Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Gilangharjo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 198 siswa kemudian diambil sampel berjumlah 133 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala psikologi. Validitas instrumen diuji dengan analisis korelasi product moment, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien alpha cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa dengan 2,315>1,978, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan 4,061>1,9781 dan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari peran orang tua dan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Hasil dari F hitung (15,167) >F tabel (2,67) dan tingkat signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 17,7%. Hasil koefisien regresi bernilai positif yang menyatakkan bahwa semakin tinggi nilai peran orang tua dan peran sekolah maka semakin tinggi pula nilai motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Peran orang tua, sekolah, dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61424

Actions (login required)

View Item View Item