Anindia, Gema Arif (2016) PEMBUATAN TRAINER SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR HONDA TIGER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. D3 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
PDF.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah untuk : (1) membuat media pembelajaran praktik kelistrikan sistem penerangan sepeda motor, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor ditinjau oleh dosen ahli materi, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor ditinjau oleh dosen ahli media, (4) mengetahui respon/tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor. Secara umum tujuan adalah : menyediakan media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor Honda Tiger yang aman digunakan dan mudah perawatan komponen sebagai sarana praktikum di bengkel otomotif SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah serta mengetahui fungsional sistem dan kelayakan dari media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor. Media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor ini dibuat melalui beberapa proses. Pembuatan rangka yang meliputi : membentuk rangka media pembelajaran, pemotongan bahan, pengelasan rangka dengan las listrik, merapikan rangka, pengecatan rangka. Selanjutnya pembuatan papan peraga dengan bahan akrilik dan pemasangan komponen media. Proses pengujian alat dengan (1) uji fungsional alat yang dilakukan oleh dosen ahli materi, (2) uji kelayakan media yang dilakukan oleh dosen ahli media, (3) uji coba yang dilakukan oleh 25 siswa dan 5 guru yang meliputi pengujian kerja lampu kota, lampu utama, lampu belakang, lampu tanda belok, lampu rem dan klakson. Pengumpulan data menggunakan angket untuk meminta respon/tanggapan terhadap media pembelajaran tersebut. Hasil pengujian yang didapatkan adalah : (1) uji fungsional alat oleh dosen ahli materi menyatakan 85% media pembelajaran baik dan layak, (2) uji kelayakan alat oleh dosen ahli media menyatakan 78% media pembelajaran baik dan layak, (3) uji coba oleh 25 siswa menyatakan 80% dan 5 guru menyatakan 86,5% alat peraga sistem penerangan sepeda motor termasuk dalam kategori baik. Media pembelajaran ini mempunyai keterbatasan pada komponen yang tidak semua dalam kondisi baru dan ukuran besi kerangka yang kecil karena tidak tersedia pada toko material. Dengan demikian media pembelajaran sistem penerangan sepeda motor efektif digunakan untuk alat bantu belajar siswa dan sebagai alat bantu mengajar bagi guru di bengkel Otomotif SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Additional Information: | Media Pembelajaran, Sistem Penerangan Sepeda Motor |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 02:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |