PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA

Nugroho, Bayu Prasetyo (2018) PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Bayu Praetyo Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan program Adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta yang belum pernah diungkap sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata sebagai upaya pembentukan nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber penelitian adalah kepala sekolah, sekretaris program adiwiyata, guru kelas, dan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan dilaksanakan melalui termuatnya upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam visi, misi, dan tujuan sekolah, struktur kurikulum, dan kriterian ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. (2) Kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran aktif, pengembangan materi, indikator, penilaian, keterlibatan orang tua, pembuatan karya produk daur ulang sampah, penerapan pengetahuan, dan pengkomunikasian hasil pembelajaran. (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dilaksanakan melalui kegiatan pemeliharaan dan perawatan gedung dan lingkungan sekolah, pemanfaatan lahan dan fasilitas sekolah yang mendukung pembelajaran lingkungan hidup, kreativitas dan inovasi, dukungan dari pihak lain, pemanfaatan narasumber dari pihak lain, dan menjadi narasumber untuk pihak lain. (4) Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan yang dilaksanakan melalui tersedianya sarana dan prasarana pendukung, pemeliharaan sarana dan prasarana pendukung, upaya penghematan energi, serta kantin sehat. Kata kunci : program Adiwiyata, karakter peduli lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61406

Actions (login required)

View Item View Item