PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS 3 SD NEGERI TAMBRAN 1

Wicaksono, Aryo Danang (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS 3 SD NEGERI TAMBRAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aryo Danang Wicaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pembuatan skripsi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media big book siswa kelas 3 SD Negeri Tambran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Tagggart. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca siswa kelas III SDN Tambran 1 meningkat. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan media big book nilai rata-rata meningkat dari 74,95 menjadi 79,86 dengan ketuntasan keterampilan membaca juga meningkat dari 63,64% menjadi 81,82%. Kata kunci:keterampilan membaca, penggunaan media big book.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:39
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61405

Actions (login required)

View Item View Item