Prasetyo, Ade Ma’ruf (2018) PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SEKOLAH DASAR NEGERI JLABAN KECAMATAN SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Ade Ma'ruf Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V menggunakan permainan ular tangga di SD Negeri Jlaban tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata minat belajar siswa kelas V minimal mencapai persentase sebesar 61%-80% yang termasuk pada kategori tinggi dalam semua aspek. Kegiatan pembelajaran menggunakan permainan ular tangga, dengan langkah-langkah persiapan, pembentukan kelompok, mulai permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Jlaban meningkat dengan menggunakan permainan ular tangga. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 21% dari siklus I mencapai 64,1% di siklus II menjadi 85,1%. Sedangkan hasil angket menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,8% dari siklus I mencapai 70,7% di siklus II menjadi 71,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan ular tangga pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Jlaban. Kata kunci : minat belajar, permainan ular tangga
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 06:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61404 |
Actions (login required)
View Item |