MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TEGALPANGGUNG

Sari, Yenni Kurnia (2018) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI TEGALPANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yenni Kurnia Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IVB SD Negeri Tegalpanggung melalui metode role playing pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data adalah observasi, skala, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi guru dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran IPS yang menekankan keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada siklus I sebesar 30,8%. Namun, peningkatan yang terjadi belum signifikan. Setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II dengan pembagian kelompok diserahkan kepada siswa, penjelasan tahap bermain peran pada setiap kelompok, siswa berlatih bersama anggota kelompok yang memiliki kesamaan peran, pemberian kesempatan menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan, serta pemberian penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa menjadi 73,1%. Kata kunci: kepercayaan diri, role playing, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:33
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61403

Actions (login required)

View Item View Item