PENGEMBANGAN PAPAN PERMAINAN PUISI (PAPSI) UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV

Fauza, Silvana Marsha (2018) PENGEMBANGAN PAPAN PERMAINAN PUISI (PAPSI) UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Silvana Marsha Fauza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran Papan Permainan Puisi yang layak digunakan untuk menunjang pembelajaran menulis puisi. Media pembelajaran Papan Permainan Puisi yang dikembangkan dalam penelitian ini ditujukan bagi siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall dengan sembilan langkah, yaitu pengumpulan data awal, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Desain uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional mengacu pada teori Sadiman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis data kualitatif model Milles dan Huberman untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media Papan Permainan Puisi layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,4 dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli media tahap akhir 4,8 dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh rata-rata 4,3 dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh rata-rata 4,4 dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata 4,7 dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian guru pada tahap uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kriteria “Sangat Layak”. Kata kunci: papan permainan, pembelajaran, menulis puisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61400

Actions (login required)

View Item View Item