MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X TKR E DI SMK MA’ARIF SALAM

Andy Irawan, Didik (2018) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X TKR E DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
16504247001_DIDIK ANDY IRAWAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di SMK Ma’arif Salam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR E di SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Objek yang diamati adalah keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran snowball throwing bahwa : (1) Model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, siklus I adalah 53,3%, siklus II 58%, dan siklus III 68,8%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR E pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 33,3%, sedangkan pada siklus II adalah 62,5%, dan pada siklus III adalah 83,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Nov 2018 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61375

Actions (login required)

View Item View Item