PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD BENDOSARI JETIS BANTUL

Latifah, Nurul (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD BENDOSARI JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurul Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui permainan tradisional dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Bendosari Jetis Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 19 siswa. Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis & Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala keterampilan sosial. Validasi instrumen dilakukan dengan expert judgement. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional dalam pembelajaran tematik. Permainan tradisional yang digunakan adalah Ular Naga dan Engklek. Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan permainan tradisional melalui beberapa tahap, meliputi: tahap pengkondisian, tahap pengintegrasian, dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan skala keterampilan sosial siswa siklus I diketahui keterampilan sosial siswa dalam kriteria cukup. Rata-rata persentase hasil observasi sebesar 75% dan rata-rata hasil skala keterampilan sosial siswa sebesar 74%. Hasil observasi dan hasil skala keterampilan sosial siswa siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa berada pada kriteria baik dengan rata-rata persentase sebesar 82%. Hasil dari siklus II tersebut sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu rata-rata persentase keterampilan sosial siswa sudah lebih dari atau sama dengan 76% sehingga penelitian dihentikan. Kata kunci: keterampilan sosial, permainan tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Nov 2018 07:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61372

Actions (login required)

View Item View Item