IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Dewi, Nia Puspita (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
14803241010_Nia Puspita Dewi_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instant Assessment pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa setelah tindakan (post test) siklus I ke nilai rata-rata siswa setelah tindakan (post test) siklus II dan apabila 75% dari jumlah seluruh siswa dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 78. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instant Assessment dapat meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai rata-rata setelah tindakan (post test) I ke nilai rata-rata setelah tindakan (post test) II. Pada siklus I nilai rata-rata setelah tindakan (post test) sebesar 77,3 dan pada siklus II Sebesar 80,15. Secara keseluruhan kenaikan nilai rata-rata adalah sebesar 2,85 setelah adanya tindakan dengan dua siklus. Peningkatan juga terjadi pada jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 60% dan siklus II sebesar 85%, sehingga secara keseluruhan kenaikan sebesar 25% setelah adanya tindakan dengan dua siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instant Assessment, Prestasi Belajar, Kartu Utang.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Nov 2018 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61364

Actions (login required)

View Item View Item