PENGGUNAAN TEPUNG KEDELAI HITAM SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU PADA PEMBUATAN ROTI KEDELAI HITAM DAN SUBSTITUSI TEPUNG BERAS PADA PEMBATAN APEM KEDELAI HITAM

Pamungkas, Setiawan Jalu (2016) PENGGUNAAN TEPUNG KEDELAI HITAM SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU PADA PEMBUATAN ROTI KEDELAI HITAM DAN SUBSTITUSI TEPUNG BERAS PADA PEMBATAN APEM KEDELAI HITAM. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Laporan Proyek Akhir_Setiawan Jalu P_135121340.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) resep produk Roti Kedelai Hitam yang tepat, (2) resep produk Apem Kedelai hitam yang tepat, (3) penerimaan masyarakat terhadap produk Roti Kedelai hitam dan Apem kedelai hitam. Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang meliputi: (1) Define adalah mencari resep acuan dari masing-masing produk yang akan disubstitusi, (2) Design adalah tahap mencari jumlah substitusi tepung kedelai hitam yang tepat untuk masing-masing resep acuan terpilih, (3) Develop adalah tahap pengembangan resep yang telah dipilih nilai subtitusinya serta validasi I dan II, (4) penerimaan produk. Tempat dan waktu penelitian yaitu Laboratorium Program Studi Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta di mulai dari bulan Januari sampai Juni 2015. Bahan pengujian berupa sampel dari masing-masing produk, sedangkan alat pengujian berupa borang. Data di analisis secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) resep yang tepat pada pembuatan produk Roti kedelai hitam dengan substitusi tepung kedelai hitam 30% : 70% (tepung kedelai hitam : tepung terigu), menggunakan teknik olah sponge method untuk membuat adonan roti dan sauteing untuk isian, pengemasan Roti Kedelai Hitam menggunakan plastik kemasan dan kantung kertas (papper bag). (2) resep yang tepat pada pembuatan produk Apem Kedelai Hitam dengan substitusi sebesar 40% : 60% (tepung kedelai hitam : tepung terigu). Penyajian Kue Apem Kedelai Hitam dengan mengemas kue menggunakan wadah mika dan kantung kertas (papper bag).(3) penerimaan masyarakat terhadap karakteristik untuk Roti manis kedelai hitam untuk warna 3.3, aroma 3.2, tekstur 3.3, rasa 3.3, dan keseluruhan 3.4. Penerimaan masyarakat terhadap Kue apem adalah untuk warna 3.1, untuk aroma 3.1, untuk tekstur 3.3, untuk rasa 3.4 dan keseluruhan 3.3. Dapat diambil kesimpulan bahwa Roti manis kedelai hitam dan Kue Apem kedelai hitam dapat diterima masyarakat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Kedelai Hitam, Tepung Kedelai Hitam, Roti manis kedelai hitam dan Apem kedelai hitam
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61356

Actions (login required)

View Item View Item