APLIKASI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADA MESIN PENETAS TELUR DENGAN MIKROKONTROLER

Hadisaputro, Efrin (2015) APLIKASI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADA MESIN PENETAS TELUR DENGAN MIKROKONTROLER. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan proyek akhir ini yaitu untuk mengetahui: pertama, unjuk kerja dari komponen-komponen yang digunakan di alat Automatic Transfer Switch (ATS) pada penggunaan di penetasan telur. Kedua, unjuk kerja dari inverter pada alat penetas telur. Ketiga, unjuk kerja sebuah sistem pengenali sensor suhu. Keempat, unjuk kerja ATS dari gangguan listrik. Kelima, efisiensi dari mesin penetas telur. Rancang bangun penetas telur dengan aplikasi ATS ini telah dilakukan selama 8 bulan dari bulan Januari-Agustus 2014 di Laboratorium Dasar Listrik Jurusan Elektro FakultasTeknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Langkah rancang bangun alat ini meliputi identifikasi kebutuhan, analisis kebutuhan, perancangan alat keras, perancangan perangkat lunak. Adapun pembuatan bahan pada aplikasi ini yaitu komputer, papan PCB, FeCl3, masker dan sarung tangan, komponen-komponen elektronika lainya. Alat yang digunakan pada aplikasi ini ialah multimeter, CRO, dan Thermometer. Analisis data menggunakan teknik diskriptif berupa persentase. Hasil pengujian tugas akhir ini adalah: Pertama, untuk unjuk kerja dari komponen-komponen yang digunakan di alat Automatic Transfer Switch (ATS) pada penggunaan di penetasan Telur yang telah dibandingkan dengan kriteria bahwa komponen tersebut dalam kondisi baik. Kedua,unjuk kerja sebuah sistem pengendali sensor suhu minimal 38,2℃ dan maksimal 38,6℃ dibandingkan dengan kriteria bahwa suhu tidak lebih dari antara 38℃-40℃ maka pengendali suhu bekerja dengan baik. Ketiga, efisiensi dari mesin penetas telur sebesar 72,2% dibandingkan dengan kriteria efisiensi dapat dikatakan baik. Keempat,unjuk kerja ATS dari gangguan listrik dalam pengujiannya dapat bekerja dengan reliabel maka alat tersebut dapat dikatakan baik. Kelima, unjuk kerja pada inverter telah bekerja dengan baik dengan tegangan input 13,8 VDC dan tegangan output 220 VAC dan bentuk gelombangnya sinus bergerigi yang dalam pengujiannya tidak berpengaruh terhadap beban karena beban menggunakan lampu pijar.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: aplikasi automatic transfer switch (ATS) pada mesin penetas telur, pengujian terhadap komponen-komponen
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Nov 2018 00:59
Last Modified: 29 Jan 2019 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61348

Actions (login required)

View Item View Item