HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN SEHAT DENGAN STATUS GIZI ANAK DI SD NEGERI 1 BETENG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Oktaningrum, Iska (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN SEHAT DENGAN STATUS GIZI ANAK DI SD NEGERI 1 BETENG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_ISKA_PRINT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengetahuan ibu dalam pemberian makanan sehat; 2) sikap ibu dalam pemberian makanan sehat; 3) status gizi anak di SDN Beteng 1; dan 4) hubungan perilaku ibu dalam pemberian makanan sehat dengan status gizi anak kelas III, IV, V di SDN Beteng. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada Desember 2017 – Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV, V di SD Negeri Beteng Kabupaten Magelang Jawa Tengah sejumlah 119 siswa. Pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling sebanyak 89 responden. Pengumpulan data dengan angket. Validitas instrument dengan menggunakan expert judgment dan korelasi Product Moment, reliabilitas dengan Alpha Croncbach. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan ibu dalam pemberian makanan sehat berada pada kategori sangat tinggi 49 ibu siswa (55,1%), kategori tinggi sebanyak 37 ibu siswa (41,6%), kategori rendah sebanyak 3 ibu siswa (3,4%), dan kategori sangat rendah 0 ibu siswa (0%). (2) sikap ibu dalam pemberian makanan sehat berada pada kategori sangat tinggi 61 ibu siswa (68,5%), kategori tinggi sebanyak 28 ibu siswa (31,5%), kategori rendah sebanyak 0 ibu siswa (0%), dan kategori sangat rendah sebanyak 0 ibu siswa (0%). (3) status gizi anak kelas III, IV, dan V di SDN Beteng 1 pada kategori baik sebanyak 67 siswa (75,3%), gizi kurang sebanyak 15 siswa (17%), dan gizi buruk sebanyak 7 siswa (8%). 1) uji hipotesis menunjukkan bahwa pengetahuan ibu dalam pemberian makanan sehat terhadap status gizi anak memberikan sumbangan efektif (r2) sebesar 0,59. 2) sikap ibu dalam pemberian makanan sehat terhadap status gizi anak memberikan sumbangan efektif (r2) sebesar 0,47.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Makanan Sehat, Status Gizi, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Nov 2018 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61344

Actions (login required)

View Item View Item