PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI INTI SISTEM AIR CONDITIONER (AC) KELAS XII TKR 4 DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Rahutama, Ryan (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI INTI SISTEM AIR CONDITIONER (AC) KELAS XII TKR 4 DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RYAN RAHUTAMA_10504249003_PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan tanggapan siswa setelah dilakukan penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada kompetensi inti sistem Air Conditioner (AC). Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XII Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 4 di SMK Ma’arif 1 Wates. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS 6. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar, dan video yang ada pada media tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada kompetensi dasar memahami sistem Air Conditioner (AC) dan memelihara sistem Air Conditioner (AC). Data penelitian ini meliputi hasil tes hasil belajar dan tanggapan siswa mengenai media pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi inti sistem Air Conditioner (AC) kelas XII TKR 4 di SMK Ma’arif 1 Wates. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 66,92 dengan persentase ketuntasan klasikal 42,31%. Setelah diterapkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada siklus I rata-rata hasil belajar mencapai 73,08 pada persentase ketuntasan klasikal 69,23%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 77,12 pada persentase ketuntasan klasikal 80,77%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan tetapi 69% masih membutuhkan penjelasan dari guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS 6, Hasil belajar, Sistem Air Conditioner (AC)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Nov 2018 00:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61337

Actions (login required)

View Item View Item