Analisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi Tahun 2017 Ditinjau dari Cognitive Load.

Nurjanah, Arifta (2018) Analisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi Tahun 2017 Ditinjau dari Cognitive Load. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arifta-nurjanah-16709251030.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis buku teks matematika SMP kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud edisi revisi Tahun 2017 berdasarkan (1) intrinsic cognitive load (ICL) dan (2) extraneous cognitive load (ECL). Menggunakan metode analisis konten, sumber data penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud edisi revisi Tahun 2017. Obyek yang diteliti meliputi karakteristik materi yang disajikan pada buku teks (ICL) dan cara penyajiannya (ECL). Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan dan pencatatan/pengkodean. Instrumen utama adalah peneliti. Untuk memudahkan peneliti, disusun petunjuk dan lembar penilaian ICL serta petunjuk penilaian ECL yang telah dibuktikan validitasnya melalui face validity. Keabsahan data dilakukan melalui intracoder reliability dan intercoder reliability. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu (1) pendefinisian unit, (2) pencatatan/pengkodean, (3) reduksi, (4) penarikan kesimpulan, dan (5) pendeskripsian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari ICL, karakteristik materi yang disajikan di dalam buku teks sudah baik karena lebih dari 80% materi yang disajikan telah sesuai dengan syarat minimal untuk belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis yang menemukan bahwa sebesar 93,55% dari keseluruhan materi yang disajikan telah sesuai dengan indikator pembelajaran yang dirumuskan, 100% urutan materi telah sesuai dengan kompleksitasnya, 93,55% urutan materi telah sesuai dengan penguasaan materi prasyarat yang telah dipelajari, 81,82% materi telah disajikan secara beragam, dan 96,97% materi telah menyediakan perintah untuk mendukung pemahaman. Ditinjau dari ECL, buku teks belum sepenuhnya dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara optimal karena ditemukan sebesar 36,84% cara penyajian materi yang diduga menyebabkan ECL. Diantaranya adalah 13,91% menyebabkan split-attention, 1,78% memuat redundancy of information, 11,83% tidak menyediakan signaling, 9,02% tidak koheren, dan 11,83% memuat kesalahan penulisan yang tidak disengaja. Dilihat dari tiap-tiap unit, bagian buku yang banyak menyebabkan ECL adalah bagian pendahuluan dan bagian inti, khususnya Ayo Kita Amati dan Ayo Kita Menggali Informasi. Hal ini menunjukkan bahwa cara penyajian materi pada buku teks ini perlu diperbaiki sehingga tidak menyebabkan ECL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku teks matematika, cognitive load
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:33
Last Modified: 09 May 2019 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61332

Actions (login required)

View Item View Item