Wardyaningrum, Ayu Ratri (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Quipper School terhadap Efektivitas Manajemen Pembelajaran dan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik SMA pada Materi Sistem Reproduksi. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-ayu-ratri-wardiyaningrum-16725251029.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis Quipper School yang dikembangkan untuk proses pembelajaran biologi di SMA, (2) mengetahui pengaruh penggunaan Quipper School yang dikembangkan dalam meningkatkan efektifitas manajemen pembelajaran biologi di SMA, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis Quipper School dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Design and Development Research (D&DR) dengan enam tahapan proses yang disederhanakan menjadi lima tahapan, yaitu identify problem, describe the objectives, design and develop the product, test and evaluate testing result, dan communicating the testing result. Validasi bahan ajar dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 guru biologi, dan 3 peer reviewer. Bahan ajar diujicobakan pada skala kecil kepada 30 peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Depok, sementara uji coba skala luas dilakukan kepada 100 peserta didik dari SMAN 2 Ngaglik dan SMAN 1 Prambanan. Desain uji coba skala luas menggunakan kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi dan ahli media, lembar angket kelayakan untuk guru biologi dan peer reviewer, lembar angket tanggapan peserta didik, lembar angket penilaian manajemen pembelajaran oleh guru, serta lembar soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan keterbacaan, kelayakan kegrafikan, serta aspek media dan konten bahan ajar, menurut ahli materi, ahli media, guru dan peer reviewer, bahan ajar berbasis Quipper School pada materi sistem reproduksi manusia yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria baik dan sangat baik. Guru merasa terbantu dalam melakukan manajemen pembelajaran menggunakan Quipper School. Pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Quipper School pada materi sistem reprodusi manusia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran serta efektif digunakan untuk meningkatkan manajemen pembelajaran oleh guru serta pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design and Development Research, Quipper School, manajemen pembelajaran, pemahaman konsep, sistem reproduksi manusia |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 06:57 |
Last Modified: | 09 May 2019 09:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |