PENGGUNAAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL

Fitriyani, Maulida (2018) PENGGUNAAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Maulida Fitriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran mind map pada siswa kelas V SD Wukirsari, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Wukirsari, Bantul yang berjumlah 34 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal persentase rerata kemandirian belajar siswa mencapai 65% kategori baik dan 76% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran mind map yaitu peningkatan kemandirian belajar mencapai 59,8% pada siklus I menjadi 74,5% pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas KKM juga mengalami peningkatan yaitu dari 32,4% pada siklus I, dan 85,3% pada siklus II. Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar IPS, metode mind map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61321

Actions (login required)

View Item View Item