PENGARUH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN PEER-ASSISTED LEARNING STRATEGIES (PALS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI GEDONGTENGEN

Wijayanti, Florentina Maya (2018) PENGARUH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN PEER-ASSISTED LEARNING STRATEGIES (PALS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI GEDONGTENGEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Florentina Maya Wijayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan rerata kemampuan membaca pemahaman antara kelas yang diajar dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dan kelas yang diajar dengan Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) pada siswa kelas III SD Negeri Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimental, jenis penelitian eksperimen yang sebenarnya (true-experiment) dengan variabel terikat kemampuan membaca pemahaman dan variabel bebas adalah model pembelajaran CIRC dan PALS. Desain penelitiannya adalah pretest-posttest menggunakan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SD Negeri Gedongtengen, Kota Yogyakarta yang berjumlah 55 siswa dan jumlah sampel 17 subjek per grup. Teknik pengambilan sampel secara acak menggunakan rumus Federer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data inferensial yang digunakan adalah uji-t sampel bebas dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman secara signifikan antara kelas yang diajar dengan CIRC dan kelas yang diajar dengan PALS. Kelas yang diajar menggunakan model CIRC memiliki rerata lebih tinggi dengan perbedaan rerata sebesar 8,529. Signifikansi perbedaan kemampuan membaca pemahaman dapat dilihat pada perolehan nilai uji-t sampel bebas sebesar 2,210 dengan nilai sig. < 0,05 yaitu sebesar 0,034. Kata kunci: model pembelajaran CIRC, model pembelajaran PALS, kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61319

Actions (login required)

View Item View Item