IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TAHAP PEMBIASAAN DI KELAS I SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA

Dhoni, Fiea Ifma (2018) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TAHAP PEMBIASAAN DI KELAS I SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fiea Ifma Dhoni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi nilai karakter gemar membaca melalui program GLS tahap pembiasaan di kelas 1 SDN Margoyasan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, pustakawan, peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi data condensation, data display, drawing and verifying conclusions. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter gemar membaca melalui program GLS tahap pembiasaan di kelas 1 SDN Margoyasan Yogyakarta terdiri dari empat aspek, yaitu 1) membaca buku yang diwajibkan oleh guru berupa membaca buku non pelajaran atau buku cerita yang dilakukan secara nyaring atau dalam hati setiap hari. 2) membaca buku yang ada di pepustakaan berupa kegiatan membaca buku cerita dari sudut baca yang mana buku tersebut berasal dari perpustakaan. 3) membaca koran atau majalah dinding berupa kegiatan membaca koran yang terdapat di perpustakaan serta majalah dinding yang terdapat di depan perpustakaan ketika istirahat atau sepulang sekolah. 4) membaca buku tentang flora, fauna dan alam di rumah berupa kegiatan yang dilakukan peserta didik sepulang dari sekolah untuk membaca buku di rumah. Pembiasaan membaca di sekolah sangat memotivasi peserta didik untuk gemar membaca di rumah, baik buku flora, fauna dan alam maupun buku pelajaran. Kata kunci: nilai karakter, gemar membaca, gerakan literasi sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61318

Actions (login required)

View Item View Item