Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Ilmiah Siswa SMA

Murti, Heraswati Ayuning (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heraswati-ayuning-murti-15726251017.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model concept attainment yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah siswa SMA, dan (2) mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran dikembangkan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan praktisi, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini terdiri dari silabus, RPP, handout dan LKS. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 34 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 4 Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri atas 34 siswa kelas X MIPA 3 dan pada kelas kontrol terdiri atas 34 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 4 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah dan angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model concept attainment yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan praktisi serta respon siswa, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah secara signifikan berdasarkan analisis effect size, dengan nilai f = 0,171 terhadap berpikir kritis dan f = 0,076 terhadap kemampuan penalaran ilmiah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran model concept attainment, kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran ilmiah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:45
Last Modified: 09 May 2019 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61309

Actions (login required)

View Item View Item