PEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 3 KLATEN, KABUPATEN KLATEN

Indarwati, Dewi (2018) PEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 3 KLATEN, KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dewi Indarwati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan minat baca siswa di SD Negeri 3 Klaten. Penelitian ini difokuskan pada program dan kegiatan pembinaan minat baca siswa oleh Kepala Sekolah, guru, dan pustakawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan, guru Bahasa Indonesia dan wali kelas rendah dan kelas tinggi, serta beberapa siswa kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analaisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembinaan minat baca siswa di SD Negeri 3 Klaten oleh 1) Kepala Sekolah yaitu menetapkan program pembinaan minat baca berupa jam perpustakaan, mengupayakan sarana dan prasarana termasuk menyediakan anggaran untuk pengadaan buku-buku koleksi perpustakaan, 2) Petugas perpustakaan memberikan pelayanan yang baik, mengondisikan perpustakaan yang nyaman dan menarik, memotivasi siswa, 3) Guru menumbuhkan minat membaca siswa dengan memberi motivasi, membiasakan siswa membaca di dalam kelas, memberikan tugas membuat kliping, mengarang, dan mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, serta mengadakan bimbingan membaca kepada siswa. Kata kunci: pembinaan minat baca, siswa, perpustakaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61307

Actions (login required)

View Item View Item